Sejarah

SEJARAH

SMK Negeri Tasikmalaya didirikan pada tanggal 1 Agustus 1957 dengan SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI tanggal 6 September 1957 No. 280/B/III/Kdj/57.
Berdirinya SMK Negeri diprakarsai oleh Kepala SMEP Negeri Tasikmalaya beserta beberapa tokoh masyarakat dan orang tua murid pada waktu itu dengan mendapat restu dari Kepala Daerah dan Komandan Resimen Infantri XI Priangan Timur di Tasikmalaya.

Sambutan masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya terhadap didirikannya SMK di Tasikmalaya cukup besar. Hal itu dapat dimengerti mengingat bahwa masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya mempunyai tata hidup ekonomi yang banyak diwarnai oleh kegiatan-kegiatan perdagangan dan industri kerajinan.

Pada Tahun 1958. Atas bantuan Pemerintah Daerah dan Staf Perkuper Resimen Infantri II mendapat tempat di Jl. Selakaso 45 Tasikmalaya sebagai pinjaman. Sekolah dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu : di SMEP Negeri dan Jl. Selakaso 45 Tasikmalaya.

Tahun 1962. Bertepatan dengan hari Koperasi tanggal 12 Juli 1962. Koperasi Mitra Batik Tasikmalaya dan Rukun Batik Ciamis melalui korpekuper Priatim menyerahkan sebagai persembahan secara mutlak 600 tumbak tanah di atasnya:

  • 6 lokal ruang belajar permanen
  • 9 lokal kamar kecil permanen, kepada pemerintah Cq. Departemen P dan K untuk dipakai oleh SMK Negeri Tasikmalaya terletak di Jalan Mancogeh Tasikmalaya.

Tahun 2004 beberapa sarana telah dilakukan renovasi maupun pembangunan sarana baru yang diresmikan langsung oleh Bapak Walikota Tasikmalaya seperti :

  • Pembangunan Masjid dengan beberapa toilet yang sangat representatif
  • Pembangunan 2 ruang klas baru
  • Renovasi lapangan parkir yang luas dengan lantai paving blok
  • Renovasi lapangan olah raga serba guna : Basket dan Tenis

Tahun demi tahun SMK Negeri 1 Tasikmalaya telah dipercaya oleh masyarakat baik kota maupun kabupaten Tasikmalaya terbukti dengan diraihnya penghargaan tertinggi dari Presiden RI IR Joko Widodo Sebagai Sekolah dengan Nilai UN Berintegritas Tinggi Tingkat Nasional.