Oleh : Allys Setia Mulyati

Bagi orang awam sekalipun, untuk bisa pergi ke luar negeri itu adalah hal yang sangat mustahil. Bagaimana mungkin aku bisa asyik bebas menikmati musim yang tentu amat sangat berbeda dengan musim yang ada di negara kita.

Cerita yang bisa dijadikan motivasi terindah buat mereka yang punya mimpi super meskipun situasi kondisi tidak memungkinkan tetapi yakin, sangatlah mudah bagi Allah SWT untuk mewujudkan itu. Hanya dengan “Kun Fayakun”.

Karena hidup berbanding lurus dengan kesabaran, maka bersikaplah layaknya sikap yang mau menerima segala keputusan jalan Allah SWT, karena hanya itulah jalan pilihan untuk kamu satu-satunya yang terbaik menurut Allah SWT.

Farrin Azzahra dan Ridwan Iksan Nugraha adalah contoh pasti, dua orang alumni siswa dan siswi dari SMKN 1 Tasikmalaya yang terpilih untuk dapat melanjutkan study sekaligus diberikan fasilitas kerja agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidup selama kurang lebih enam setengah tahun berada di Jepang.

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihak sekolah yang bekerja sama dengan pihak mereka, karena ada siswa alumni yang terpilih untuk bisa ikut magang dan kuliah disana, dengan sertifikasi khusus sehingga dapat di jadikan acuan sebagai modal untuk tetap melaksanakan segala kegiatan disana.

Mimpi yang selama ini selalu terbayangkan di setiap malam perjalanan hidup, akhirnya mulai menyapa dengan penuh pasti. Ya, tepat di tanggal 8 Oktober 2019 besok, mereka dan rombongan yang juga sama-sama memiliki nasib baik untuk bisa berangkat ke sana, akan di lepas oleh kepala dinas pendidikan provinsi Jawa Barat, kemudian langsung terbang dari bandara Soekarno Hatta-Jakarta, sampai tiba nanti di Bandara Osakai-Jepang.

Kunjungan terakhir mereka ke perpustakaan sekolah kita di pagi menuju siang tadi, sebagai sebuah kenang-kenangan terindah kita, karena setiap saat mereka tidak pernah seharipun melewatkan informasi yang tersedia di perpustakaan sekolah.

Pertemuan haru dan penuh ceria, menampilkan sosok-sosok yang sukses di masa mendatang. Bisa terbayang, selama 3 tahun mereka mengenyam pendidikan di SMK, tidak pernah lepas dari perpustakaan. Segala kegiatan pencarian informasi tentang bahasa Jepang pun mereka cari di Perpustakaan sekolah.

Sebagai seorang Pustakawati aku sangat bangga kepada mereka, perjuangan yang super terdahsyat telah mereka tampilkan. Mulai dari ikut les berbahasa Jepang, belajar mengerjakan segala sesuatu tanpa adanya gengsi. Karena keyakinan telah terhujam di sanubari.

Farrin Azzahra perempuan manis dan cantik ini, jago dalam hal menggambar. Hobinya yang selalu tiada henti menggambar karikatur Jepang, sangat di sukai teman-temannya. Bahkan di jual secara online dengan harga fantastis, maka tidak susah untuk mendapatkan rejeki yang berkah pula. Semoga. Aamiin.

Selain itu, Farrin terkenal juga dengan memiliki banyak piala, diperoleh dari hasil menggambarnya mengikuti lomba. Karena hal itu merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kenyamanan untuk bisa saling mengetahui karakter masing-masing dalam sebuah karya. Dengan begitu, masing-masing bisa saling paham dan tahu ciri khas lukisan yang dibuatnya.

Ridwan, merupakan sosok siswa yang pada awalnya memang tidak kelihatan kelebihannya. Hanya saja setelah aku perhatikan, dibalik segala kekurangan itu ada banyak kelebihan.

Mulai dari awal kelas X dia sering berkunjung ke perpustakaan sekolah dengan mencari buku-buku referensi tentang buku-buku dan kamus bahasa Jepang. Tidak disangka ternyata inilah mimpi terbesarnya untuk bisa segera ada di negeri sakura.

Bahasa Jepang yang sudah cukup dikuasai olehnya, menjadi modal utama untuk kemudahan dia diterima dengan mengikuti ujian tes penerimaan kuliah dan sekaligus mendapatkan jaminan kerja dalam hal kerjasama dengan pihak Jepang.

Semoga dengan keberangkatan mereka ke Jepang, bisa memberikan motivasi bagi adik-adik kelas mereka setelahnya, sehingga mengikuti jejak kesuksesan mereka, dengan selalu mengharapkan rida-Nya.

Karena sesulit apapun kondisi, ketika kita mengharap yang kita inginkan, hanya dengan yakin kepada Allah SWT untuk memberikan pertolongan-Nya kepada kita, maka mudah bagi-Nya mengabulkan segala do’a.

Do’a yang tak pernah terhenti untuk kalian, semoga selalu diberi kemudahan, kesehatan dan keberkahan rezeki dari Sang Maha Kasih Sayang.

Sayonara,, jangan lupakan tosho-kan.
🤩🤩🤩