Info Sekolah
Sunday, 06 Oct 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 1 Tasikmalaya

Kuliner

Hotel dan Restoran

SELAMAT DATANG DI JURUSAN BARU KOMPETENSI KEAHLIAN HOTEL DAN RESTORAN PROGRAM 4 TAHUN ……..

Industri pariwisata secara global menunjukan peningkatan yang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang makin maju sehingga berpengaruh terhadap sumber daya manusia yang termotivasi untuk kreatif dan inovatif. Kompetensi keahlian hotel dan restoran hadir untuk memberikan solusi bagi peserta didik baru yang diharapkan memberi kontribusi dalam perbaikan dan penguatan mutu pendidikan kejuruan, dengan menciptakan peserta didik mencapai lulusan yang bisa melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, serta bisa bekerja di industri untuk bersaing di pasar tenaga kerja dan berwirausaha untuk mendukung ekonomi kreatif masyarakat. Kemajuan hotel dan restoran di Indonesia khususnya di Tasikmalaya menjadi awal untuk mengembangkan kompetensi keahlian hotel dan restoran di SMKN 1 Tasikmalaya

KOMPETENSI KEAHLIAN HOTEL DAN RESTORAN PROGRAM 4 TAHUN

Kompetensi keahlian hotel dan restoran program smk 4 tahun merupakan salah satu jurusan baru di SMKN 1 Tasikmalaya . Program ini di rancang dalam rangka pemenuhan kebutuhan industri akan tenaga kerja siap pakai pada bidang hospitality, tidak menutup kemungkinan juga peserta didik ke depannya berpeluang untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau berwirausaha mandiri. Terkait kurikulum hotel dan restoran yang akan dipakai telah diselaraskan dengan industri hotel, hal ini terbukti telah terlaksana penyelarasan kurikulum kompetensi hotel dan restoran dengan hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarata supaya ada link and match antara sekolah dan industri. kegiatan pembelajaran jurusan hotel dan restoran yang akan dilaksanakan meliputi Food production (Pengolahan makanan, Pastry, ilmu gizi, metode memasak, metode potongan. dll),  Food and Bevarage Service (f&b department, kualifikasi pramusaji restoran, pengetahuan makanan dan minuman, membuat minuman, pengetahuan peralatan restoran, komunikasi pelayanan, pelayanan makanan dan minuman, sistem informasi restoran, pengetahuan makanan dan minuman, SOP menghidangkan makanan, menangani barang barang glassware & chinaware dll ), dan Room Division (housekeeping, front office dan laundry).

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN HOTEL DAN RESTORAN

  1. Tujuan Umum

Tujuan umum Pengembangan Kompetensi keahlian Hotel dan Restoran adalah menghasilkan lulusan yaitu lulusan yang siap kerja berkarakter pelopor dan unggul, yaitu lulusan yang kompeten, handal, berdaya saing tinggi dengan berprilaku ahlaqul karimah sebagai cerminan keimanan dan ketaqwaan.

  1. Tujuan Khusus

Tujuan khusus Pengembangan Kompetensi Keahlian Hotel dan Restoran;

  1. Mendukung pencapaian target Visi dan Misi SMK Negeri 1 Tasikmalaya dalam menciptakan lulusan berdaya saing tingkat nasional dan regional.
  2. Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja kompeten yang terus bertambah.
  3. Memperbesar peluang pasar kerja bagi lulusan SMKN 1 Tasikmalaya untuk bekerja di perusahaan berbasis industri pariwisata
  4. Memberikan alternatif pilihan baru bagi calon siswa dalam menyalurkan minat dan bakat.

Prospek Lulusan tamatan sekolah

                Kompetensi keahlian hotel dan restoran memiliki propspek lulusan tamatan sekolah sesuai dengan minatnya yaitu:

  1. Bagi yang akan melanjutkan nanti ke perguruan tinggi, ada beberapa perguruan tinggi yang linear diantaranya STP (sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung, STP Sahid Jakarta, UPI jurusan Manajemen Industri Katering, Manajemen Pariwisata, Pendidikan Tata boga. dll.
  2. Bagi yang akan terjun ke industri bisa bekerja di industri hotel ( contohnya cook/cook helper, Front desk agent, Housekeeping attendant, waitres, barista) dll , di industri restoran atau rumah makan (contohnya cook helper, waitres), di industri coffee shop (waitres, barista, bartender) dll.
  3. Bagi yang akan berwirausaha (wiraswasta/Pengusaha) bisa membuka usaha kafe, usaha home stay, usaha restoran, wedding organizer,usaha makanan, usaha laundry dll.

MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN HOTEL DAN RESTORAN

C 1 Dasar Bidang Keahlian

  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • IPA Terapan
  • Kepariwisataan

C 2 Dasar Program keahlian

  • Pelayan Prima
  • Kesehatan dan Keselamatan
  • Industri Perhotelan
  • Klerikal dan Komunikasi Industri Perhotelan

C 3 Kompetensi Keahlian

  • Front Office
  • House Keeping
  • Laundry
  • Food and Beverage Service
  • Banquet Management
  • Room Division Management
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Mari bergabung di kompetensi keahlian hotel dan restoran program 4 tahun, Terimakasih….

TETAP SEMANGAT BELAJAR DEMI MASA DEPAN……. J

Photo

Nama Guru

Mata Pelajaran

Elis Nurjanah, S.Pd.

Front Office,

Laundry

Dhani Ramdani, Dipl.Hot.


Front Office,

Industri Perhotelan,

Food & Beverage,

Produk Kreatif Kewirausahaan.

Rani Novia Kalsum, S.Pd.

Housekeeping,

Komunikasi Industri Pariwisata

Ade Rudi, S.Pd.

Front Office

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Ade Suhendra, AP.Par.

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE
Housekeeping,
Food & Beverage

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE Dias Munzir Jaisa, AP.Par.

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE
Kepariwisataan,
Housekeeping, Laundry,
Front Office

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Mayangsari Nindiya Puteri, S.Par.

Produk Kreatif Kewirausahaan, , Industri Perhotelan

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Regiyan Mauilid Prasetyo, S.Par.

Produk Kreatif Kewirausahaan, ,  Industri Perhotelan

Fanny febriani, S.Par