Info Sekolah
Wednesday, 04 Dec 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 1 Tasikmalaya

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN

OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN

SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA


1.Latar Belakang

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu kompetensi keahlian yang sudah berdiri lama berdiri, kompetensi keahlian ini banyak mengalami perubahan nama mulai dari Sekretaris, Administrasi Perkantoran hingga pada akhirnya menjadi kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dengan tujuan sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi sehingga diperlukan cakupan yang luas bukan hanya sebatas pengelolaan administrasi saja tetapi mencakup teknologi perkantoran yang digunakan untuk menunjang pekerjaan. Maka diharapkan dengan perubahan – perubahan yang terjadi baik dari segi nama dan mata pelajaran yang ditambahkan kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran lebih bisa menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan.

  1. Visi

Menciptakan sumber daya manusia tingkat menengah yang kompeten, berahlak mulia, berkaraktek dan memiliki daya saing.

  1. Misi
  2. Melaksanakan pembelajaran untuk membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan kompten
  3. Membentuk keperibadian dan karaktek peserta didik yang berahlak mulia
  4. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi calon tenaga kerja yang kompeten
  1. Tujuan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan Keterampilan yang mengutamakan kedispilinan, kejujuran, berjiwa wira usaha, sikap professional sehingga memiliki kecapakan hidup yang mumpuni.
  3. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Bisnis Manajemen khususnya kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Pekantoran.
  4. Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten, profesional dan memiliki daya saing tinggi dibidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran  untuk siap bersaing baik secara local dan nasional.
  5. Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja di bidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran baik local ataupun nasional
  6. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal :
    1. Administrasi umum
    2. Simulasi Digital
    3. Kearsipan
    4. Korespondensi
    5. Teknologi Perkantoran
    6. Humas
    7. Keuangan
    8. Kepegawaian
    9. Sarana dan Prasarana
    10. Produk Kreatif dan kewirusahaan
  7. Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DU/DI untuk pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) siswa guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
  8. Menjadikan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian administrasi
  1. Keunggulan

Mencetak tamatan yang cerdas, trampil dan kompetitif serta memiliki etos kerja dan teknik administrasi yang  sesuai perkembangan dan tuntutan DU/DI dengan indikator keunggulan sebagai berikut :

  1. Penerapan Teknologi Perkantoran.
  2. Tenaga Administrasi yang profesional dengan teknik pelayanan prima
  3. Mengaplikasikan keterampilan komunikasi baik dengan kolega dan pelanggan
  4. Mengoperasikan mesin- mesin perkantoran.

Prosepek Lulusan

Lulusan dari kompetensi keahlian Otomatisasi  dan Tata Kelola Pekantoran dapat memenuhi bidang kerja :

  1. Staff administrasi
  2. Receptionis
  3. Staff Event Organaizer

FOTO

NAMA

PELAJARAN YANG DIAMPU

TATI SUPRAPTI, S.Pd., M.Pd

1. Otk. Keuangan

2. Otk. Kehumasan dan Keprotokolan

3. Korespondensi

Neni Andhini Asri, S.Pd

1. Korespondensi

2. Tekper

3. Otk. Kepegawaian

Deni Ruswandi, S.Pd

1. Ekbis

2. Otk. Sarana dan Prasarana

Dudung Aipudin, SE., M.Pd

1. Otk. Keuangan

2. Otk. Kehumasan dan Keprotokolan

3. Tekper

Santi Susantini, S.Pd

1. Kearsipan

2. Otk. Sarana dan Prasarana

3. Otk. Kehumasan dan Keprotokolan

Asep Dudi Permadi, S.Pd., MM

1. Ekbis

2. Otk. Kepegawaian

3. Otk. Kehumasan dan Keprotokolan

Hj. Iyun Yuningsih, S.Pd

1. IPA

2. PKK

Adam Wahyudin, S.Pd

1. Adm. Umum

NO

DIDUKA

1

Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kota Tasikmalaya

2

Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Tasikmalaya

3

Sekretariat DPRD Kota Tasikmalaya

4

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya

5

Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya

6

Kementrian Agama Kota Tasikmalaya

7

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya

8

Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya

9

Dinas Pendidikan Kota Tasikamalaya

10

PT Adira Finance 

11

Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya

12

Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota

13

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tasikmalaya

14

Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya

15

Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tasikmalaya

16

PT POS INDONESIA Cabang Tasikmalaya

17

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya

18

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tasikmalaya

19

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tasikmalaya

20

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya

21

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Tasikmalaya

22

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tasikmalaya

23

Akademi Pariwisata Siliwangi

24

BPR Nusamba Singaparna Kantor Pusat

25

BPR Nusamba Singaparna Kantor Cabang Pancasila

26

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Tasikmalaya

27

Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya

28

Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya

29

Perusahaan Daerah Air Minum

30

Kantor Kelurahan Nagarasari

31

Kantor Kecamatan Cihideung

32

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Tasikmalaya

33

Kantor Kelurahan Kahuripan

34

Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya

35

DINAS KESEHATAN

36

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

37

Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kab. Tasikmalaya