Info Sekolah
Tuesday, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 1 Tasikmalaya

smk 1 kembali mengadakan ikm bersama guru satuan smk plus al – hasanah

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Info / Pengumuman

Workshop pengembangan implementasi kurikulum merdeka bagi guru satuan SMK PLUS Al – Hasanah, bertempat di Excellent Hotel SMK N 1 Tasikmalaya 19 – 20 juli 2022. Narasumber dan fasilitator pendamping berjumlah enam orang dengan  target Kegiatan, Peserta dapat melaksanakan :

  1. Penyusunan KOS (Kurikulum SMK PLUS Al – Hasanah)
  2. Penyusunan Analisis Capaian Pembelajaran (CP)
  3. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  4. Penyusunan Modul Ajar (MA)

 

Kurikulum Merdeka yang telah diuji coba pada 2.500 sekolah penggerak. Salah satu keunggulan Kurikulum Merdeka ini yaitu lebih sederhana dan mendalam. Menurut rencana, kurikulum ini akan digunakan secara nasional mulai 2024 mendatang. SMK PLUS AL – HASANAH Tasikmalaya secara langsung ikut mengupdate manajemen pendidikan melalui kegiatan ini.

Kurikulum Merdeka ini harus dilihat sebagai salah satu saja dari upaya Kemdikbudristek melakukan transformasi pendidikan secara lebih menyeluruh, ya. Yang kita upayakan adalah perubahan sistemik, bukan perubahan parsial atau yang temporer, namun mendasar pada sistem pendidikan sendiri, yang tadinya dari banyak elemen, nah salah satunya kurikulum.

Di sisi lain, ada juga penataan terhadap pendanaan, infrastruktur, itu juga hal yang luar biasa besar dan menjadi satu paket desain besar Merdeka Belajar. Jadi kalau ditanya urgensinya apa me-reform kurikulum, urgensinya itu. Salah satunya adalah perlu memberi ruang untuk kontekstualisasi pembelajaran di tingkat sekolah.

#SMKBISASMKHEBAT

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar